TIPS MEMPERSIAPKAN PERNIKAHAN DI HOTEL

Tips menjadi Wedding Organizer (planner) buat Pernikahan sendiri

Bismillahirahmannirahim...kali ini aku mau cerita and sharing nih pengalaman aku pas mempersiapkan wedding aku (tahun 2019). Tiba-tiba aja terbersit di pikiran aku kenapa gak aku share aja ke kamu kamu yang pengen atau ada rencana dalam waktu dekat untuk mempersiapkan pernikahan, khususnya yg pengen ngadain di gedung atau hotel. Mana tau kan bermanfaat buat kalian, hehhehe...
Memang sih pas aku berada di situasi pengen nikah dan harus mempersiapkan pernikahan sendiri juga bingung mau persiapkan apa saja karena kan memang belum pernah alias masih single tulen pada saat itu. Awalnya sodara atau teman pada nyaranin buat bayar "Wedding Organizer" aja biar gampang dan praktis, mereka nyaranin gitu karena memang mereka tau akunya bekerja dan susah juga buat bagi waktu, but as time files dan sesuai pengalaman yang aku alami sebenarnya untuk mempersiapkan pernikahan sendiri itu gampang dan mudah kok cuma memang butuh persiapan beberapa hal yang ada baiknya sudah kita persiapkan dari awal.
Nah langsung aja ya aku mau bagi Tips ke kamu mengenai hal -hal yang harus kita persiapkan bila mau mengadakan pesta pernikahan di Hotel tanpa menggunakan jasa "Wedding Organizer'' atau wedding planner

1. Buat perencanaan keuangan atau budget keuangan untuk biaya yang mau dikeluarkan untuk pesta pernikahan
Ini point awal yang paling penting kalau kamu memang udah mantap untuk membuat pesta pernikahan kamu sesuai tema dan rancangan kamu. Kalau bisa nih buat dalam 1 tabel keuangan untuk perincian atau rangkaian biaya per budget dari setiap yang mau dibeli dan dipersiapkan. Jangan lupa untuk selalu discuss biaya tersebut bersama pasangan kamu.

2. Cari photographer handal buat foto prewedding
Oia biasanyakan sebelum kamu melaksanakan pesta pernikahan ada yang namanya foto prewedding. Nah kalau kamu pengen fotonya epic dan ciamik alias bagus cari tau dulu sama teman-teman sekitar kamu photographer yang handal atau kamu juga bisa cari tau dari internet atau instagram menggenai photographer yang sedang 'in' atau lagi naik daun di daerah lingkungan kamu. Jangan lupa nanti hasil fotonya dicetak ukuran 24 inci buat dipajang di booth photo wedding, hehehe...

3. Mahar dan cincin pernikahan
Ini part yang sangat penting bangets kalau aku bilang, diskusikan mahar yang kamu mau dari pasangan beserta model cincin pernikahan impian yang kamu mau. Kalau kalian udah sepakat langsung siapin budget dan tempah ke tempat tempah cincin di toko perhiasan terdekat.

4.Desain dan cetak undangan pernikahan
Cari review dan juga contoh contoh keren dari internet atau dari aplikasi pencarian yang ada,  biar bisa dapat inspirasi warna dan desain yang menarik. Jadi ketika kamu "request" ke percetakannya sudah tau desain undangan yang kamu mau dengan budget yang sesuai kantong kamu.

5. Cari tau atau langsung kunjungi Hotel atau gedung yang menjadi incaran kamu buat tempat pesta pernikahan kamu.
Ini penting juga guys kalau kamu mau ngadain pesta pernikahan,Kenapa penting? ya karena kalau gak dapat jadwal gedung pada tanggal yang udah diplan kan pernikahan kamu bisa tercancel pada tanggal itu. Untuk Hotel atau gedung biasanya juga ada booking time atau "calender event"nya alias ada tanggal-tanggal tertentu yang sudah di booking oleh orang yang mau ngadain pesta disana. Makanya kalau kamu memang terniat kamu tanya langsung Marketing hotelnya untuk skedule pada tanggal pernikahan kamu bisa dipesan apa tidak. Biasanya pihak hotel atau gedung menerima pesanan atau booking dengan pembayaran "down payment" di muka sekitar 3 sampai 6 bulan sebelumnya. Jadi langsung cari tau dulu via telpon atau kunjungi marketing gedung atau hotelnya biar kamu kebagian tempat dan jangan lupa hal yang paling penting sesuaikan biaya sewa tempat hotelnya sesuai "budget wedding" kamu.

6. Catering atau food atau makanan dan minum
Nah untuk yang booking di hotel sih biasanya sudah langsung ada dari pihak hotelnya. Berbeda kalau dirumah atau wisma atau gedung selain hotel kita harus mempersiapkan "catering" atau makanan dan minumannya lagi.
7. Pelaminan atau panggung untuk pengantin
Nah kalau kamu udah melewati atau sudah siap step-step sebelumnya langsung deh cari tau untuk pelaminan yang udah bagus reviewnya dari yang sudah menggunakan jasa pelaminan tersebut sebelumnya. Pastikan pakaian adat khas kamu dan budget kamu sesuai dengan harga yang ditawarkan oleh pihak pelaminan. Oia, pihak hotel biasanya akan adain meeting dengan pihak pelaminan dan pihak pengantin untuk setting atau layout pas acara pernikahannya. Ini biasanya diatur seminggu sebelum hari H.

8.Kotak hantaran
Untuk box atau kotak hantaran biasanya udah ada dijual dipasar atau bisa kita sewa melalui pelaminan, ada sebagian pelaminan yang juga sudah memberikan fasilitas pemakaian kotak hantaran selama pinangan dan pesta pernikahan
Teegantung negosiasi di awal sih ke pihak pelaminannya.

9. Isi kotak Hantaran
Penting ini untuk diingat barang -barang apa saja yang harus dibeli untuk diisi dalam kotak hantaran. Kalau Islam seperti saya yang harus ada tu pastinya seperangkat alat sholat seperti sajadah, mukena, dan Alquran
Kalau ada budget lebih boleh tambahkan juga perlengkapan seperti tas, sepatu, dan alat -alat mandi atau kosmetik di dalam kotak hantaran tersebut.


10.Music atau Keyboard atau Band pengiring
Jangan lupa kalau pestanya di hotel pastikan band atau keyboardnya sudah di pesan sesuai dengan musik dan selera lagu kamu. Nah untuk band atau keyboard biasanya bisa dipesan melalui teman atau kenalan atau dari interent juga ada.

11. MC (Master of Ceremony)
Biar acara kamu meriah dan gak garing sewa jasa MC yang sesuai tema pernikahan kamu.Ya kalau acaranya bertema tradisional sewa MC yang sudah spesialis adat tapi kalau acaranya bertema modern atau western boleh lah sewa MC yang bahasa dan stylenya agak gaul.

12. Souvenir Wedding atau Cenderamata
Saran nih kalau kamu mau cari cenderamata yang bagus dan terjangkau. Kamu boleh cari melalui aplikasi belanja online atau dari instagram yang pastinya banyak beriklan dan berwari wiri di media. Nanti kamu tinggal "searching" aja dan pilih yang sesuai budget dan selera kamu.

13. Bagian dokumentasi atau photograpger Wedding
Jangan lupa abadikan moment pernikahan  kamu dengan menyewa jasa photographer handal agar sudah bagus reviewnya. Tanyakan kan juga recommed dari teman teman kamu yang sudah melaksanakan pernikahan untuk jasa photographer yang bagus.

14. Penari tradisional pas acara pernikahan
Sewa deh penari tradisional yang sesuai dengan tema adat tradisional pernikahan kamu. Usahakan sebelum acara untuk penari tradisional yang sudah cocok harga alias sesuai budget untuk pre show tariannya biar kamu bisa pastiin bahwa tarian mereka memang bagus.
15. Kain bridesmade atau pengiring pengantin wanita
Buat kamu kamu yang pengen ada panitia acara atau ada pengiring pengantin biar nanti pas photo photo bagus dan ada yang bantu bantu juga pas acaranya jangan lupa cari kain berwarna dan model seragam untuk pihak panitia acara dari pihak teman atau dari pihak keluarga kamu.

Wuih... banyak juga ya ternyata tips dan listnya. Ya namanya juga mempersiapkan pernikahan ya pastinya harus bagus dan puas ya kan....
Kan semua orang pengennya pernikahan sekali seumur hidup jadi persiapannya pastinya total donk...hehhehe...
Kira - kira begitulah persiapan dan tipsnya. Semoga bermanfaat ya....


Cheers love,
Ayu 

Comments

Popular posts from this blog

PROSEDUR PEMBUATAN MULTIPLE ENTRY VISA UNTUK PASANGAN WARGANEGARA INDONESIA & MALAYSIA DI KUALA LUMPUR, MALAYSIA

REVIEW MALL yang lagi hits di Medan Sumatera Utara Ringroad City Walks Mall